Jumat, 26 Februari 2016

Membuat Processor



Tugas 1 Mikroelektronika


Untuk membuat sebuah rangkaian MOS (Metal oxide semikonduktor), kristal tunggal silicone terlebih dahulu dibentuk. Kemudian kristal ini dipotong-potong dengan arah tertentu menjadi irisan yang sangat tipis yang disebut wafer. Beberapa lusin chip dapat dihasilkan dari sebuah wafer tersebut. Chips ini nantinya dapat dibentuk microprocessor, memory atau modul lainnya. Lusinan die yang dihasilkan dari sekeping wafer memakai proses  fotolithografi. Daerah yang secara elektris positif atau negatif dihasilkan dengan menginjeksikan doping melalui proses masking dan difusi. Begitu die yang lengkap telah dihasilkan pada wafer, wafer di test pada titik-titik khusus di pinggir dan ditengah wafer. Bila test ini berhasil, wafer dipotong  dan dipecah menjadi chip-chip individual. Tiap chip diletakkan dalam kemasan, dihubungkan dengan bantalan pada kemasan memakai kawat-kawat emas dan diperiksa secara visual, diukur secara elektrik dan ditest pula untuk kondisi lingkungan. Setelah itu kemasan ditutup rapat dan dilakukan test akhir. Kemasan tertutup rapat yang berhasil lolos test produksi (quality control pass) kemudian diperdagangkan.


1.      Metal Oxide Semiconductor (MOS)
MOS adalah jenis transistor yang digunakan untuk memperkuat atau mengalihkan sinyal elektronik. Sebuah MOS dasar terdiri dari tiga lapisan. Lapisan atas adalah elektroda logam konduktif, lapisan tengah adalah isolator kaca atau silikon dioksida, dan lapisan bawah adalah elektroda konduktif lain yang terbuat dari silikon kristal. Lapisan ini adalah semikonduktor yang konduktivitas perubahan suhu yang baik. Gambar berikut merupakan contoh MOS :

2.      Silicone
Silikon adalah polimer yang mencakup inert, senyawa sintetik yang terdiri dari beberapa silika, yang merupakan rantai bolak atom silikon dan atom oksigen, sering dikombinasikan dengan karbon dan  atau hidrogen. Mereka biasanya tahan panas dan seperti karet, dan digunakan dalam sealant, perekat, pelumas, obat-obatan, peralatan masak, dan isolasi termal dan listrik. Beberapa bentuk umum termasuk minyak silikon, karet silikon, resin silikon, dan dempul. Berikut merupakan gambar silikon :

3.      Wafer
Sebuah wafe, juga disebut potongan atau substrat, adalah sepotong tipis bahan semikonduktor, seperti silikon kristal, digunakan dalam elektronik untuk pembuatan sirkuit terpadu dan photovoltaics. Wafer berfungsi sebagai substrat untuk perangkat mikroelektronik dan mengalami banyak langkah proses microfabrication seperti doping atau implantasi ion, prmotongan, deposisi dari berbagai bahan, dan memola fotolitografi. Akhir dari prosesnya, sirkuit mikro individu dipisahkan (dicing) dan dikemas. Berikut merupakan gambar wafer :

4.      Chip
chip komputer, juga disebut chip sirkuit terpadu atau wafer kecil bahan semikonduktor tertanam dengan sirkuit terpadu. Chip terdiri dari pengolahan dan memori unit komputer digital modern (lihat mikroprosesor; RAM). pembuatan chip yang sangat tepat dan biasanya dilakukan di "kamar yang bersih," karena bahkan kontaminasi mikroskopik bisa membuat chip yang rusak. Sebagai komponen transistor telah menyusut, jumlah per chip telah dua kali lipat setiap 18 bulan (sebuah fenomena yang dikenal sebagai hukum Moore), dari beberapa ribu tahun 1971 (chip pertama Intel Corp) untuk lebih dari satu miliar tahun 2006. Nanoteknologi adalah diharapkan untuk membuat transistor lebih kecil dan chip Sejalan lebih kuat karena kemajuan teknologi.

5.      Microprocessor
Sebuah mikroprosesor adalah prosesor komputer yang menggabungkan fungsi central processing unit komputer (CPU) pada satu sirkuit terpadu (IC) atau paling banyak beberapa sirkuit terpadu. mikroprosesor adalah serbaguna, perangkat programmable yang menerima data digital sebagai masukan, proses itu sesuai dengan instruksi yang tersimpan dalam memori, dan memberikan hasil sebagai output. Mikroprosesor mengandung logika kombinasional dan sekuensial logika digital. Mikroprosesor beroperasi pada angka dan simbol diwakili dalam sistem angka biner.

6.      Memory
Dalam komputasi, memori mengacu pada perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan informasi untuk segera digunakan di komputer; itu adalah sinonim dengan istilah "penyimpanan utama". memori komputer beroperasi pada kecepatan tinggi, untuk memori misalnya random-access (RAM), sebagai perbedaan dari penyimpanan yang menyediakan lambat-untuk-akses program dan data storage tapi menawarkan kapasitas yang lebih tinggi. Jika diperlukan, isi dari memori komputer dapat ditransfer ke penyimpanan sekunder, melalui teknik manajemen memori yang disebut "virtual memory". Sinonim kuno untuk memori toko.

7.      Die
Mati atau prosesor mati adalah pola persegi panjang pada wafer yang berisi sirkuit untuk melakukan fungsi tertentu. Misalnya, gambar ke kanan menunjukkan ratusan meninggal pada wafer silikon. Setelah meninggal dunia telah selesai, wafer dipotong dan dibuat menjadi keripik.

8.      Photolithography
Photolithography, juga disebut litografi optik atau litografi UV, adalah proses yang digunakan dalam microfabrication ke bagian pola film tipis atau sebagian besar substrat. Menggunakan cahaya untuk mentransfer pola geometris dari photomask untuk kimia peka cahaya "photoresist", atau hanya "menolak," pada substrat. Serangkaian perawatan kimia maka baik mengukir pola paparan ke dalam, atau memungkinkan pengendapan bahan baru dalam pola yang diinginkan pada materi di bawah foto menolak. Misalnya, dalam sirkuit terpadu yang kompleks, wafer CMOS modern yang akan melalui siklus photolithography hingga 50 kali.

9.      Positif & Negatif
Positif - Tegas atau yakin. Dalam elektronika positif mendeskripsikan muatan yang terkandung dalam sebuah atom yaitu +1. Atom dikatakan bernilai positif apabila kelebihan kekurangan elektron.

Negatif - Ragu atau bimbang. Dalam elektronika positif mendeskripsikan muatan yang terkandung dalam sebuah atom yaitu -1. Atom dikatakan bernilai negatif apabila kelebihan kelebihan elektron.

10.  Doping
Dalam produksi semikonduktor, doping sengaja memperkenalkan kotoran ke semikonduktor intrinsik sangat murni untuk tujuan modulasi sifat listriknya. Kotoran tergantung pada jenis semikonduktor dan sifat yang perlu memiliki untuk tujuan. semikonduktor ringan dan sedang diolah disebut semikonduktor sebagai ekstrinsik. Sebuah semikonduktor didoping ke tingkat tinggi seperti bahwa ia bertindak lebih seperti konduktor dari semikonduktor disebut sebagai semikonduktor merosot.

11.  Masking
Dalam ilmu komputer, masker adalah data yang digunakan untuk operasi bitwise, khususnya di bidang bit.

12.  Diffuse
refleksi difus adalah pantulan cahaya dari permukaan seperti bahwa sinar datang tercermin di banyak sudut daripada di salah satu sudut seperti dalam kasus refleksi specular. Ideal difus mencerminkan permukaan diterangi akan memiliki pencahayaan yang sama dari segala arah yang terletak di babak-ruang yang berdekatan dengan permukaan (Lambertian reflektansi).

13.  Packaging
Di bidang manufaktur elektronik, kemasan sirkuit terpadu merupakan tahap akhir dari pembuatan perangkat semikonduktor, di mana blok kecil dari bahan semikonduktor terbungkus dalam kasus pendukung yang mencegah kerusakan fisik dan korosi. Kasus, yang dikenal sebagai "paket", mendukung kontak listrik yang menghubungkan perangkat ke papan sirkuit.

14.  Gold Plate
Gold plating adalah metode penyetoran lapisan tipis emas ke permukaan logam lain, paling sering tembaga atau perak (untuk membuat perak-emas), oleh kimia atau plating elektrokimia. Artikel ini mencakup metode plating digunakan dalam industri elektronik modern; untuk metode yang lebih tradisional, sering digunakan untuk objek yang lebih besar, melihat penyepuhan

15.  Quality Control Pass
QA / QC adalah kombinasi jaminan kualitas, proses atau set proses yang digunakan untuk mengukur dan menjamin kualitas produk, dan kontrol kualitas, proses untuk memastikan produk dan jasa memenuhi harapan konsumen. [1] Jaminan kualitas adalah proses oriented dan berfokus pada pencegahan cacat, sementara kontrol kualitas berorientasi produk dan berfokus pada identifikasi cacat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar